4 Efek Samping Daun Salam Secara Berlebihan

fakta ilmiah manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh

Daun salam sejak dulu dikenal sebagai salah satu bumbu dapur. Kegunaan daun salam didalam pembuatan sebuah masakan adalah untuk memperkuat aroma masakan dan menambah cita rasa masakan tersebut. Daun salam yang masih segar ataupun yang sudah kering itu dapat digunakan untuk melengkapi rasa sebuah masakan dan menjadikannya lebih nikmat jika disantap. Daun salam selain berguna untuk meningkatkan cita rasa sebuah makanan tetapi dipercaya baik mempunyai manfaat untuk kecantikan dan kesehatan tubuh.

Manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh memang sudah tidak diragukan lagi. Banyaknya penyakit yang dapat diobati dengan memanfaatkan daun salam ini seperti penyakit darah tinggi, kolesterol tinggi, melancarkan pencernaan dan penyakit yang lainnya. Tetapi dibalik segudang kegunaan yang bisa didapat dari daun salam ini jika dikonsumsi dengan jumlah yang banyak dan intensitas yang tidak wajar maka akan menimbulkan efek samping untuk kesehatan. 4 efek samping yang bisa ditimbulkan dari pemanfaatan daun salam untuk pengobatan ketika dikonsumsi dengan jumlah dan intensitas yang tidak wajar diantaranya yaitu :

  1. Gangguan Pencernaan

Rebusan daun salam yang kering dipercaya dapat melancarkan pencernaan tetapi ketika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan dengan intensitas yang sering justru akan menyebabkan menjadi sulit dicerna nantinya. Hal ini terjadi karena daun salam mengandung senyawa yang sulit dicerna oleh tubuh.

  1. Gangguan Pernapasan

Mengkonsumsi rebusan daun salam secara tidak wajar juga dapat menyebabkan gangguan pernapasan. Hal ini terjadi karena daun salam mengandung senyawa yang dapat memberikan efek buruk terhadap pernapasan. Jadi untuk penderita asma jika ingin mengunakan obat ramuan rebusan daun salam ini sebaiknya dikonsultasikan dulu ke dokter.

  1. Dapat Menyebabkan Eksim

Daun rebusan daun salam yang dikonsumsi secara tidak wajar juga terkadang menyebabkan penyakit kulit seperti eksim. Hal ini biasanya terjadi karena sensitifitas tubuh yang menjadi faktor penyebabnya. Atau juga mungkin karena air rebusan daun salamnya itu terbuat dari air yang kurang bersih misalnya atau juga alat yang digunakan untuk merebusnya kurang bersih.

  1. Dapat membahayakan janin dan menurunkan kualitas ASI

Air rebusan daun salam dilarang dikonsumsi secara tidak wajar oleh seorang wanita yang sedang mengandung dan menyusui. Hal ini terjadi karena air rebusan daun salam yang terlalu banyak itu dapat membahayakan kesehatan janin untuk ibu yang sedang mengandung. Dan untuk ibu yang menyusui dapat menurunkan kualitas dari ASI nya.

Itulah 4 efek samping yang bisa ditimbulkan dari pemanfaatan daun salam untuk pengobatan ketika dikonsumsi dengan jumlah dan intensitas yang tidak wajar.

Sumber : dokterbabe.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *