Cara Mendidik Anak Ala PopMama

Hasil gambar untuk popmama.com anak ibu

Setiap orang tua diseluruh dunia ini tentu menginginkan sang buah hatinya itu menjadi anak yang soleh dan berbakti. Dan berguna untuk bangsa, agama, dan keluarganya kelak nanti. Dengan demikian, maka tak heran jika orang tua akan mati-matian dalam mencari nafkah dan mendidik anaknya. Akan tetapi, tak sedikit dari para orang tua yang salah dalam mendidik anaknya. Mulai dari yang terlalu memanjakan, terlalu memberikan kebebasan, hingga selalu mengekangnya. Yang lebih parahnya lagi, ada sebagian dari orang tua yang mendidik anaknya dengan cara kekerasan. Bagaimana bisa menjadi anak yang baik, jika cara mendidiknya seperti itu? Nah, berbicara soal cara mendidik anak, berikut di bawah ini ada 4 cara yang baik dan benar dalam mendidik anak :

  1. Jejali Ilmu Agama Dengan Cara Yang Menyenangkan

Cara pertama yang baik dan benar dalam mendidik anak, yakni menjejalinya ilmu agama dengan cara yang menyenangkan. Ya, seperti yang kita ketahui, bahwa anak-anak itu sangat menyukai metode belajar yang menyenangkan. Dengan metode belajar yang menyenangkan, maka sang buah hati tidak akan pernah bosan dalam mempelajari ilmu agama. Ilmu agama memang sangat penting untuk ditanamkan sejak dini, agar anak-anak kita kelak nanti tidak terjerumus kedalam kehidupan yang gelap.

  1. Harus Tegas

Cara kedua yang baik dan benar dalam mendidik anak, yakni harus tegas. Perlu kalian ketahui, bahwa tegas dan keras itu sangat berbeda. Ketegasan ini bertujuan agar mereka lebih disiplin, dan selalu mematuhi peraturan yang kamu terapkan kepadanya.

  1. Jangan Terlalu Mengekang

Cara berikutnya yang baik dan benar dalam mendidik anak, yakni jangan terlalu mengekangnya. Menurut pakar psikolog anak, jika orang tua semakin mengekangnya, maka anak tersebut justru akan semakin lebih berontak dan membangkang.

  1. Jangan Terlalu Memanjakannya

Cara keempat yang baik dan benar dalam mendidik anak, yakni jangan terlalu memanjakannya. Kasih sayang orang tua terhadap anaknya memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun, bukan berarti kamu sebagai orang tua harus selalu memberikan apa yang ia mau. Perlu diingat, semakin kamu memanjakannya maka akan semakin sulit mereka untuk menjadi anak yang mandiri.

Itulah 4 cara yang baik dan benar dalam mendidik anak. Nah, untuk mengetahui lebih jelas lagi tentang dunia pendidikan anak, kamu bisa mengunjungi situs popmama.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *