Langkah-langkah Menjadi Freelancer untuk Pemula

Bosan dengan aktivitas perkantoran yang seakan selalu mengikat Anda di meja staff setiap hari? Bagaimana jika mencoba menjadi seorang freelancer? Sudah siap?

Waktu kerja yang bebas dengan bayaran yang cukup tinggi tanpa diikat oleh kantor adalah alasan umum mengapa banyak orang memilih freelancer sebagai pekerjaan utama. Pasalnya, dengan freelance, Anda memiliki banyak waktu untuk melakukan hal produktif lainnya.

Namun ternyata untuk langsung terjun di dunia freelance itu tidak mudah, lho. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan, khususnya untuk pemula. Apa saja?

Memperluas lapangan kerja untuk diri sendiri

Dengan kemajuan teknologi, kini para freelancer dapat dengan mudah menemukan peluang kerja dari berbagai situs marketplace untuk freelance. Namun jangan batasi pula pencarian pekerjaan Anda hanya di internet. Jangan malu dan ragu untuk bertanya eks perusahaan Anda apakah ada lowongan untuk pekerja freelance.

Networking

Networking ini perlu dilakukan untuk meningkatkan visibilitas dan peluang Anda untuk sukses. Salah satunya dengan bergabung di asosiasi atau grup forum sosial media, terutama yang memang bergerak di dunia freelancing. Di sana Anda bisa mendapat informasi mengenai lowongan pekerjaan sekaligus mendapatkan tips dan saran dari freelancer senior.

Melakukan riset

Riset ini diperlukan untuk mengetahui seberapa besar bayaran yang nanti akan Anda ajukan ke calon klien. Supaya bisa memiliki bayangan yang pas tentang proporsi tarif dan tenggat waktu yang masuk akal, Anda bisa berbincang dengan sesame freelancer yang sudah dikenal.

Mintalah brief yang jelas dari klien

Ketika sudah mendapatkan klien dan pekerjaan, sebaiknya Anda meminta brief pekerjaan yang jelas dan detail. Pastikan Anda memahami apa maunya klien agar bisa membangun reputasi sebagai freelancer yang profesional. Dengan membangun hubungan baik, bukan tidak mungkin klien akan memberikan proyek-proyek selanjutnya pada Anda.

Disiplin dengan waktu

Bijaklah membagi waktu dengan baik dan jangan pernah menunda pekerjaan. Ketika mendapatkan proyek, lakukanlah langkah-langkah untuk memulai, terutama ketika memegang beberapa proyek dalam waktu bersamaan. Walau sibuk bekerja, jangan pernah lupakan diri sendiri. Jika sudah lelah sekali, istirahatlah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *