Beberapa Tempat Wisata Di Solo Yang Wajib Dikunjungi

Hasil gambar untuk Keraton Surakarta

Pastinya kamu pernah mendengar nama kota Solo kan? Kota yang berada di Jawa Tengah ini memiliki nama resmi Surakarta yang memang sudah sangat terkenal dikalangan para wisatawan. Solo ini tidak hanya kental dengan latar belakang sejarahnya saja, tetapi juga memiliki bentang alam yang sangat cantik. Sehingga tidak heran jika banyaknya tempat wisata di Solo yang menarik untuk kamu kunjungi. Ada banyak tempat wisata yang bisa kamu pilih disini mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, religi, hingga modern. 

Jika dalam waktu dekat ini kamu akan berwisata ke kota Solo, maka kami akan merekomendasikan beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi disana seperti :

  • Grojogan Sewu Tawangmangu 

Tempat wisata ini berupa air terjun yang memiliki ketinggian 80 meter, dimana air terjun di tempat wisata ini adalah yang tertinggi di wilayah Jawa Tengah. Untuk bisa sampai ke tempat wisata ini harus didakinya setidaknya 1000 anak tangga. Tetapi perjalanan akan terasa lebih menyenangkan karena adanya pemandangan yang indah pada kanan dan kirinya. Adannya mitos jika kamu akan berwisata ke tempat ini maka tidak boleh bersama pasangan jika tidak ingin hubungan bersama kekasih putus ditengah jalan. 

  • Keraton Surakarta 

Jika kamu ingin belajar sejarah kota Solo lebih detail lagi, maka kamu wajib mengunjungi Keraton Surakarta. Dengan mengunjungi tempat wisata ini maka kamu akan dapat menemukan berbagai koleksi peninggalan kasunanan seperti gamelan, replika pusaka keraton, dan benda benda lainnya yang merupakan pemberian dari raja raja Eropa. 

  • Taman Sriwedari 

Tempat wisata ini berupa kompleks pertamanan yang pernah digunakan sebagai lokasi penyelenggaraan PON pada tahun 1948. Dikawasan ini adanya Gedung Wayang Orang Sriwedari (GWO) yang dijadikan sebagai tempat pertunjukkan wayang orang. Adanya lukisan besar pada bagian dinding atas bagian kanan dan bagian kiri bangunannya. Dimana lukisan besar tersebut menceritakan tentang epos Mahabarata yang bertajuk “Kresno Duto”. 

  • Museum Manusia Purba Sangiran 

Tempat wisata ini seperti namanya yaitu sebuah museum arkeologi yang letaknya tidak jauh dari situs fosil purbakala Sangiran. Dimana sudah ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO. Tempat wisata ini memiliki luas sekitar 56 Km persegi, dimana tempat wisata ini tidak hanya berfungsi sebagai destinasi wisata saja, tetapi juga dijadikan sebagai pusat penelitian oleh arkeolog yang berasal dari dalam ataupun luar negeri yang ingin mengetahui kehidupan manusia pada zaman prasejarah. 

  • Taman Balekambang 

Tempat wisata ini sangat cocok dipilih oleh mereka yang menyukai nuansa asri dengan pepohonannya yang hijau dan sejuk. Tempat wisata yang ada di Solo ini dibagi menjadi dua, yang pertama adalah kompleks Partinah Bosch berupa rumah dari berbagai tanaman langka seperti kenari, beringin putih, beringin sungsang, dan juga apel cokelat. Dan kompleks yang kedua adalah Partini Tuin atau Taman Air Partini berupa kolam dengan perahu perahu hias yang dapat dinaiki oleh para wisatawan.

  • Tugu Lilin 

Tugu Lilin ini didirikan untuk memperingati 25 tahun kelahiran Boedi Oetomo yang berada di Jalan Kebangkitan Nasional. Jika kamu suka fotografi maka tempat wisata ini sangat cocok dijadikan sebagai latar untuk berfoto. 

Jika kamu akan pergi ke salah satu tempat wisata diatas maka pastikan memesan tiketnya di Misteraladin.com. Dengan memesan tiket disini maka segala data privasi kamu akan terjamin keamanannya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *