Cara Menyusui Bayi Baru Lahir

Menjaga Payudara Tetap Kencang Selama Menyusui dengan 5 Langkah Mudah


Pernah ngga sih Bunda mengalami, atau mungkin rekan dan teman Bunda yang memiliki bayi yang baru lahir tapi saat lahir tidak mau menyusui Ibunya. Pasti ada rasa takut dan bertanya – tanya kenapa si buah hati tidak mau menyusui saat baru lahir, apakah ada kelainan? Beberapa Ibu yang belum tahu hal tersebut pasti kebanyakan akan langsung panik dan bingung dengan kejadian ini, tetapi tunggu dulu Bunda, ada penjelasan dan trik agar si kecil yang baru lahir ini bisa mulai mencari susu dari Ibunya dan Bunda tidak perlu rasa khawatir lagi.

Bayi Belum Refleks Menyusui

Saat baru lahir, bayi akan memiliki reflex menangis dengan keras, dan hal itu adalah wajar. Menandakan bahwa bayi kita sehat dan reflex nya baik. Selanjutnya bayi akan reflex mencari payudara ibu karena dia merasa lapar atau haus. Disini ada kalanya bayi yang baru lahir diam saja dan tidak merespon lapar dan hausnya dengan cara menyusui bayi seharusnya. Yang perlu Bunda lakukan adalah mendekatkan payudara Bunda ke mulut si kecil. Setelah itu bunda masukkan pelan-pelan ujung putting Bunda ke dalam mulut si kecil. Biarkan pelan-pelan si kecil merasakan sensasi benda asing itu masuk perlahan ke bagian mulutnya. Bunda bisa coba beberapa kali sambil dilakukan rangsangan mulut dengan cara meneteskan air susu Bunda kedalam mulut si kecil.

Secara reflex bila mendapat masukan air susu ke dalam mulut si kecil, maka mulut tersebut akan mengunyah tetesan air susu tadi. Nah ini kesempatan Bunda untuk mulai memasukkan lagi putting susu Bunda ke dalam mulut mungilnya. Dengan beberapa kali percobaan maka si kecil akan mulai terbiasa dengan putting susu Bunda yang masuk ke mulutnya dan mulai mencoba menggerakkan mulutnya, perlahan tapi pasti si kecil akan mulai memainkan mulutnya untuk mencari air susu Bunda.

Bayi Belum Merasa Haus atau Lapar

Bisa jadi bayi Bunda belum dalam rasa lapar atau haus saat baru lahir. Bunda bisa menunggu beberapa saat dulu sampai terasa bayi mulai gelisah, pertanda dia sudah mulai merasa lapar atau haus. Di titik inilah Bunda bisa dengan sigap mulai mencoba memasukkan putting susu Bunda ke dalam mulut mungil si Bayi, dan pasti bayi akan merespon dengan baik benda asing yang pertama kali masuk ke mulutnya itu. Bila belum kuat bayi menggunakan mulutnya untuk mencari susu, Bunda bisa menetesinya dengan air susu Bunda. Hal itu sangat baik untuk merangsang gerakan menelan si kecil, dari awal gerakan menelan itulah nantinya bayi akan lebih aktif lagi dalam mencari susu Bunda.

Demikian 2 trik untuk menghadapi bayi yang tidak mau menyusui saat awal kelahirannya. Yang penting adalah Bunda coba untuk tidak panik, tetap kuasai keadaan dan mengerti apa yang harus dilakukan. Dalam hal ini bicara dengan perawat atau dokter juga bisa menjadi pilihan baik sehingga dokter / perawat yang ada bisa memberikan masukan dan pengarahan terkait dengan posisi ataupun trik lain yang mungkin sudah di implementasikan pada bayi yang lainnya.

Bayi yang sehat adalah impian dari setiap Ibunda. Maka dari itu perawatan yang maksimal pastinya akan tetap diusahakan Bunda. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa lihat untuk artikel menarik lainnya seputar balita Bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *