Gaji Kecil Bukan Kendala untuk Ajukan Pinjaman Uang, Ini Solusinya

Sudah jadi pengetahuan umum kalau setiap lembaga pinjaman uang pasti memberikan syarat berupa minimum penghasilan bagi calon debitur. Beda lembaga pinjaman, beda juga syarat penghasilannya. Besaran minimum penghasilan biasanya juga bergantung lagi pada jenis pinjaman yang diajukan. Misalnya, untuk KTA, syarat minimum penghasilan akan lebih tinggi dibandingkan pinjaman dengan agunan. 

Bagi orang yang jumlah penghasilannya di atas rata-rata UMR, mengajukan pinjaman mungkin bukan hal yang sulit. Namun, bagi orang yang jumlah penghasilannya kecil, pilihannya tentu terbatas. Bisa jadi kamu salah satunya?

Nah, jangan khawatir. Sekarang, pilihan lembaga pinjaman nggak terbatas pada yang konvensional seperti bank atau lembaga multifinansial swasta aja kok. Sebagai alternatif terbaik, apabila kamu dalam kondisi mendesak dan butuh dana darurat, kamu bisa gunakan jasa fintech pinjaman uang yang aman dan legal seperti Kredivo

Apa aja syarat pendaftaran dan pengajuan pinjaman uang di Kredivo?

Dengan memiliki minimum penghasilan tetap sebesar Rp 3 juta per bulan, kamu sudah bisa daftar dan mengajukan pinjaman uang tunai di Kredivo. Angka ini tentu lebih rendah jika dibandingkan dengan UMR wilayah Jabodetabek. Selain itu, untuk daftar Kredivo, kamu juga wajib berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. 

Tidak perlu slip gaji untuk daftar akun Kredivo. Namun, kamu wajib memiliki akun internet banking yang aktif sebagai bukti penghasilan dan juga akun e-commerce yang telah ada histori transaksinya sebagai bukti domisili. Setelah itu download aplikasi Kredivo di Google Play Store (untuk Android) atau App Store (untuk iOS). Pilih daftar untuk akun Premium dan submit dokumen yang dibutuhkan satu per satu. 

Berapa kisaran pinjaman yang bisa diajukan?

Jenis pinjaman uang di Kredivo, terbagi menjadi dua, yaitu: pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Kamu bisa menggunakan fitur pinjaman mini jika jumlah pinjaman yang ingin diajukan kecil, mulai dari 500 ribu. Pinjaman mini memiliki tenor yang singkat: maksimal 30 hari dengan suku bunga 2,95%. Sementara fitur pinjaman jumbo, cocok digunakan oleh kamu yang mau pinjam uang dalam jumlah menengah, mulai Rp 1 juta. Opsi tenornya terbagi dua: 3 atau 6 bulan, dengan suku bunga angsuran yang sama yaitu 2,95% per bulan. 

Maksimal pinjaman yang bisa diajukan di Kredivo berbeda-beda untuk setiap pengguna. Bergantung pada besaran limit yang dimiliki untuk tenor 6 bulan. Misalnya, katakanlah kamu mendapat limit sebesar Rp 15 juta dan yang tersedia untuk tenor 6 bulan adalah sebesar Rp 7 juta. Nah, sebesar Rp 7 juta itulah maksimal limit pinjaman yang bisa kamu ajukan dalam waktu maksimal 6 bulan. 

Berapa lama waktu pencairan dana pinjaman dari Kredivo?

Ketika menggunakan fitur pinjaman mini atau jumbo, kamu akan diminta mengisi form singkat mulai dari jumlah pinjaman, tujuan pinjaman, tenor yang diinginkan, hingga nomor rekening atas nama pribadi yang sesuai dengan identitas akun Kredivo-mu. Setelah mengisi form, kamu perlu menunggu persetujuan pinjaman dari pihak Kredivo lebih dulu. Apabila sudah disetujui, pinjaman akan diproses pencairannya dalam waktu minimal 1 hari kerja. 

Kredivo juga memberikan simulasi pinjaman secra transparan di awal, terutama suku bunga dan biaya provisinya. Apa yang kamu lihat pada simulasi, itulah pinjaman yang akan kamu terima ke rekening. Jadi, dipastikan aman dan nggak bakal ada biaya tersembunyi di kemudian hari. 

Bisakah upgrade limit di akun Kredivo?

Limit yang kamu miliki di akun Kredivo-mu tentu sudah disesuaikan dengan besaran penghasilan ketika mendaftar akun. Kalau merasa tidak puas dengan jumlah limit yang kamu dapatkan, jangan khawatir sebab Kredivo memiliki fitur upgrade limit kredit maksimal ke angka Rp 30 juta

Syaratnya, kamu perlu memenuhi kriteria berikut ini: 

  1. Telah terdaftar sebagai pengguna Premium Kredivo yang aktif minimal 3 bulan. 
  2. Pernah melakukan transaksi dengan Kredivo, memiliki riwayat pembayaran yang baik, dan tidak ada tagihan yang tertunggak. 
  3. Mengalami kenaikan penghasilan dengan menghubungkan kembali akun internet banking atau BPJS Ketenagakerjaan sebagai buktinya. 

Siapa tahu di kemudian hari kamu mengalami penghasilan yang signifikan, jangan sia-siakan kesempatan untuk upgrade limit Kredivo ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *